KPU Magelang Berharap Warga Cermati DPS

Metrotvnews.com, Magelang: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, meminta masyarakat setempat mencermati Daftar Pemilih Sementara Pemilu 2014 agar mereka bisa mengikuti pesta demokrasi mendatang.
"Masyarakat kami imbau untuk mencermati nama-nama yang telah masuk DPS, untuk mengetahui apakah namanya sudah masuk dalam DPS atau belum," kata Divisi Pemutakhiran Data Pemilih KPU Kabupaten Magelang Reni Pujiastuti di Magelang, Kamis (11/7).

KPU setempat menggelar rapat pleno Penetapan Rekapitulasi DPS Pemilu 2013 tingkat Kabupaten Magelang, sebagai tindak lanjut atas Surat Edaran KPU RI Nomor 458/KPU/VII/2013 tentang Penetapan dan Pengumuman DPS Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD Tahun 2014.

Ia mengatakan pengumuman DPS tersebut sekaligus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mencermati kepastian diri mereka terdaftar sebagai calon pemilih pada Pemilu 2014.

Ia menjelaskan bila ada warga yang belum masuk dalam DPS, diminta segera datang ke panitia pemungutan suara di tingkat kelurahan setempat, untuk meminta namanya dicantumkan dalam daftar pemilih.

"Sehingga hak pilihnya dapat digunakan pada hari pemungutan suara mendatang," katanya.

Pihaknya juga mengharapkan partisipasi partai politik peserta Pemilu 2014, pemangku kepentingan, dan pengawas untuk mencermati dan memberikan masukan tentang DPS kepada PPS. Kesempatan itu diberikan KPU hingga 1 Agustus 2013.

"Seluruh masukan atau nama-nama pemilih yang belum terdaftar akan direkap atau dimasukkan dalam Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPS-HP), sebelum nantinya ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada September 2013," katanya.

Rapat pleno KPU setempat menetapkan jumlah warga Kabupaten Magelang yang masuk DPS Pemilu Legislatif 2014 mencapai 960. 572 orang. Mereka terdiri atas 476. 384 laki-laki dan 484.188 perempuan. Mereka tersebar di 21 kecamatan  dan  372  desa, yang meliputi 2.761 tempat pemungutan suara. (Antara)


Editor: Agus Tri Wibowo

Sumber: MetroTV News